Selasa, 27 Agustus 2013

Manfaat Musik Klasik

   Musik itu selalu ada dalam kehidupan manusia, jadi kita tidak mungkin lepas dari musik. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui jenis-jenis musik yang kita dengar sehari-hari. Tapi disini, saya tidak akan membahas jenis-jenis musik, melainkan hanya membahas musik klasik.Karena musik klasik itu memberi efek positif bagi pendengarnya. Tidak usah basa-basi, langsung saja saya beri tau manfaat musik klasik.
Inilah sebagian manfaat musik klasik:
1. Menstimulasi otak kanan, meningkatkan kreatifitas berpikir
2. Mengurangi stress dan tekanan
3. Memelihara pikiran, tubuh dan jiwa anda
4. Menstabilkan detak jantung, tekanan darah dan temperatur tubuh.

         Selain itu ada beberapa manfaat plus yang bisa kita dapat ketika mendengarkan musik clasik dan instrumen. Dari  berbagai sumber yang saya temukan, diantaranya:
  • +  Siegel,1999 mengatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang Alfa yg menenangkan yang dapat merangsang sistem limbik jaringan neuron otak.
  • +  Campbell 2001 dalam bukunya efek Mozart mengatakan musik romantik (Schubert, Schuman, Chopin, dan Tchaikovsky) dapat digunakan untuk meningkatkan kasih sayang dan simpati.Selain itu musik Barok (Bach, Handel dan Vivaldi) dapat menciptakan suasana yang merangsang pikiran dalam belajar.Musik klasik (Haydn dan Mozart) mampu memperbaiki konsentrasi ingatan dan persepsi spasial.
  • +  Musik klasik dapat menenangkan bayi yang lahir prematur.Sewaktu mendengarkan musik klasik, dapat diamati ekspresi wajahnya yang tidak lagi terlihat menderita serta detak jantungnya berjalan normal.
  • +  Periset Universitas Stanford – A.S. dan Universitas McGill di Kanada di dalam majalah “Shen Jing Yuan” mengeluarkan artikel yang menyebutkan bahwa musik bisa mempengaruhi dan merubah level keharuan dan antipati seseorang,bahkan bisa mempengaruhi level orang-orang dalam memfokuskan energi.
  • +  Sebuah penelitian di universitas di Inggris menunjukkan,musik bisa mempengaruhi kegemaran orang akan makanan, jikalau di ruang makan diputarkan musik klasik, pelanggan bisa membeli lebih banyak, jikalau diputarkan musik pop atau tanpa musik, maka konsumsi pelanggan jelas menjadi berkurang.
  • + Percobaan dari 2 orang profesor Universitas California membuktikan, mendengarkan selama 10 menit soata Mozart, bisa berefek menumbuhkan IQ. Mereke menunjukan, musik klasik bisa meningkatkan Spiritual Quotient.
        Itu hanya sebagian fungsinya, masih banyak lagi kawan. Jadi, dari pada mendengar musik galau-galau, lebih baik mendengar musik klasik.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
NBA - Offiical Logo
NBA - Offiical Logo